POLA PENAMPANG LINTANG MAKROSKOPIK TOTAL DALAM SEL BAHAN BAKAR NUKLIR

Authors

  • Nurul Aini Jurusan Fisika FMIPA Universitas Andalas, Indonesia
  • Mohamad Ali Shafii Jurusan Fisika FMIPA Universitas Andalas, Indonesia
  • Ardian Putra Jurusan Fisika FMIPA Universitas Andalas, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25077/jif.6.1.25-30.2014

Abstract

Penampang lintang makroskopik memiliki peranan penting dalam menghitung transport neutron yang terjadi pada reaktor nuklir. Hasil penampang lintang digunakan untuk menghitung nilai distribusi fluks neutron yang terjadi di teras reaktor. Penelitian ini menampilkan nilai penampang lintang makroskopik total dari sebuah sel bahan bakar nuklir. Tahap awal dilakukan dengan menentukan bahan bakar yang digunakan yaitu uranium-plutonium nitride, kemudian fraksi massa dan fraksi volume, cladding, dan pendingin. Perhitungan penampang lintang makroskopik ini dilakukan dengan metode simulasi komputer menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi 7.0. Program yang digunakan adalah program homogenisasi sel dengan data library JFS-3-J33 dari JAEA (Japan Atomic Energy Agency) yang menghasilkan nilai penampang lintang makroskopik total untuk 70 grup energi. Hasil analisis menunjukan bahwa pola penampang lintang makroskopik total untuk nuklida uranium dan plutonium pada energi tinggi (unresolved resonance) mengalami tumpang tindih (overlap) dalam sel bahan bakar nuklir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bell, G, dan Glasstone, S. 1970, Nuclear Reactor Theory, Van Nostrand Reinhold Company, New York.

Duderstad, JJ., dan Hamilton, L.J. 1976. Nuclear Reactor Analisys, Jhon wiley and Sons, New York.

Nakagawa, M., dan Tsuchihashi, K,. 1984. SLAROM : A Code For Cell

Homogenization Calculation Of Fast Reactor. Department of Reactor Engineering, Tokai Research Institute.

Obara,T, 2012, Special Education Course On Nuclear Engineering By The University Network In Japan For Global Nuclear Human Resource Development, Tokyo institute of technology, Bandung, Indonesia.

Okumura, Kugo, T., Kaneko,K., and Tsichihashi,K. 2007. SRAC 2006 : A

Chomprehensive Neutronics Calculation Code system, JAEA.

Shafii, M.A., Su’ud, Z. Waris, A., dan Kurniasih, N., 2008, Development of Cell Homogenization Code With Collision Probability Method, International Conference on Mathematics and Natural Sciences (ICMNS) 2008, ITB, Bandung.

Shafii, M.A, 2012, Nuclear Fuel Cell Calculation Using Collision Probability Method with Linear Non Flat Flux Approach, World Journal of Nuclear Science and Technology, 2012, 2, 49-53

Su’ud,Z. 1998. Kode Computer Homogenisasi Sel Bahan Bakar Pada Reaktor Cepat. Jurusan Fisika, ITB

Downloads

Published

2014-03-20

How to Cite

Aini, N., Shafii, M. A., & Putra, A. (2014). POLA PENAMPANG LINTANG MAKROSKOPIK TOTAL DALAM SEL BAHAN BAKAR NUKLIR. JURNAL ILMU FISIKA, 6(1), 25–30. https://doi.org/10.25077/jif.6.1.25-30.2014

Issue

Section

Riset Artikel

Citation Check