Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Ilmu Fisika?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN NASKAH

Naskah dikirim dalam bentuk hardcopy sebanyak empat eksemplar ke Redaksi JIF dengan alamat: Jurusan Fisika FMIPA Universitas Andalas, Kampus Unand, Limau Manis, Padang. Softcopy naskah dikirim melalui email ke jujurnal@gmail.com.

Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia pada kertas A4 dengan batas tepi 3 cm, jarak baris satu spasi, huruf  Times New Roman 11 pitch,  menggunakan MS Word.

Panjang naskah (termasuk gambar, tabel dan daftar pustaka) tidak lebih dari 15 halaman.

Penulis yang naskahnya diterbitkan dikenakan biaya publikasi Rp. 250.000,- per makalah (untuk non-anggota), dan Rp. 150.000,- per makalah (untuk anggota). Cetakan berwarna dikenakan biaya tambahan.

Sistematika dan gaya penulisan naskah:

  • Judul Naskah: ditulis dalam huruf besar, singkat dan jelas.
  • Nama Pengarang dan Afiliasi: nama ditulis lengkap tanpa gelar dan diletakkan di bawah judul, diikuti alamat lembaga tempat peneliti/pengarang berafiliasi serta alamat email untuk korespondensi.
  • Abstrak: ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, masing-masing tidak lebih dari 150 kata, dilengkapi kata kunci masing-masing terdiri dari 3-6 kata.
  • Pendahuluan: berisi latar belakang, tujuan penelitian, serta kontribusi hasil penelitian.
  • Metode: mencakup bahan, alat serta prosedur pengumpulan data atau penurunan rumus.
  • Hasil dan Diskusi: ditulis sebagai satu kesatuan. Hasil memuat gambaran yang jelas tentang hasil penelitian jika perlu disertai tabel, gambar, diagram dan foto. Diskusi meliputi kajian hasil penelitian yang dikaitkan dengan tujuan dan hipotesis serta hasil penelitian sejenis yang telah dipublikasi dan arah penelitian selanjutnya.
  • Kesimpulan: memuat kesimpulan penelitian secara singkat dan jelas.
  • Ucapan Terima Kasih: (jika perlu) ditujukan kepada pihak yang telah berkontribusi pada penelitian dan penulisan artikel.
  • Daftar Pustaka: disusun urut abjad menurut nama pengarang seperti contoh berikut.
  1. Jurnal ilmiah / majalah / prosiding: Akhadi, M. dan Sofyan, H., 2010, Penentuan Tebal Dinding Beton di Fasilitas Radioterapi LINAC, Buletin ALARA, 10:1, 1-9.
  2. Buku teks: Martina dan Harbison, S.A., 2008, An Introduction to Radiation Protection, Chapman dan Hall, London, New York.
  3. Skripsi / Thesis / Disertasi: Affandi, 2006, Pengukuran Radionuklida Alam pada Bahan Bangunan Plaster Board Fosfogipsum dengan Menggunakan Spektrometer Gamma, Skripsi S-1, Jurusan Fisika FMIPA UI.
  4. Artikel dalam satu buku: Weinstein, L. and M. N. Swartz, Pathogenic Properties of Invading Microorganism, In: Sodeman W.A. Jr., W. A. Sodeman, 1974, Eds. Pathologic Physiology Mechanisms of Disease, 2nd ed., W.B. Saunders, Philadelpia, 457-472.
  • Kutipan pustaka dalam naskah ditulis dalam kurung, terdiri dari nama keluarga dan tahun terbit.   Khusus untuk pengarang yang berjumlah lebih dari dua, ditulis nama keluarga orang pertama saja, diikuti et al. atau dkk. dan tahun terbit. Contoh: (Akhadi dan Sofyan, 2010); (Matsuda et al., 1986).
  • Gambar: nomor dan judul gambar diletakkan di bawah gambar
  • Tabel: nomor dan judul tabel diletakkan di atas tabel, keterangan diletakkan di bawah tabel.
Perbaikan naskah: Setelah diperiksa oleh dewan editor, makalah akan dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki dan perbaikannya sudah diterima kembali oleh dewan redaksi selambatnya satu bulan sejak tanggal pengembalian kepada penulis.

Penulis yang naskahnya diterbitkan akan mendapat dua eksemplar JIF terkait secara gratis. Untuk eksemplar tambahan, penulis akan dikenakan biaya cetak tambahan.   

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Telah mengirimkan 4 eksemplar naskah ke redaksi JIF
  2. Telah mengirimkan naskah ke email redaksi JIF
  3. Telah menggunakan aturan penulisan naskah dengan baik dan benar
  4. Naskah tidak lebih dari 15 halaman
  5. Sudah membayar biaya publikasi naskah
  6. Telah menggunakan sistematika penulisan naskah dengan baik dan benar
 

Copyright Notice

Catatan hak kepemilikan tulisan dan hasil penelitian jika sudah diserahkan ke redaksi JIF

 

Privacy Statement

kebijakan umum

 


© Jurusan Ilmu Fisika