PEMANFAATAN SENSOR FOTOTRANSISTOR DAN LED INFRAMERAH DALAM PENDETEKSI KEKERUHAN AIR BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51

Authors

  • Meqorry Yusfi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas Kampus Limau Manis Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25077/jif.3.2.80-85.2011

Abstract

Fototransistor merupakan salah satu komponen yang berfungsi sebagai detektor cahaya yang dapat mengubah efek cahaya menjadi sinyal listrik. Air yang keruh akan menyebabkan intensitas cahaya yang masuk kedalamnya berkurang. Dengan demikian tingkat kekeruhan air dapat dideteksi dengan alat pengukur intensitas cahaya seperti fototransistor dan LED inframerah sebagai sumber cahaya. Sistem yang telah dirancang bangun terdiri dari mikrokontroler AT89S51 sebagai pemroses data dan ADC digunakan untuk mengkonversi sinyal analog ke digital. Alat ini digunakan sebagai sistem pengontrol dengan keluarannya berupa alarm. Tegangan acuan yang dipakai agar alarm berbunyi adalah 1,656 volt. Pengujian sistem dilakukan dengan mendeteksi perubahan tingkat kekeruhan air pada sampel air minum kemasan, air PDAM, air sungai dan air kopi. Hasil yang diperoleh adalah semakin tinggi tingkat kekeruhan air atau semakin keruh air, maka tegangan keluaran sensor juga semakin tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiharto, W, 2005, Perancangan Sistem dan Aplikasi Mikrokontroler, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta. .

Dipo, bariguna, CB, 2008, Studi Tingkat Kekeruhan Air Menggunakan Citra Radar Airsars. Fakultas Pertanian Intitut Pertanian, Bogor.

Fraden, J. 1996. Handbook of Modern Sensors. California : Thermoscan, Inc.

Uldin, Rizal, 2006, Pemanfaatan Rangkaian Pengukur Intensitas Cahaya Untuk Rancang Bangun Alat Pengukuran Tingkat Kekeruhan Air, Universitas Negri Semarang, Semarang.

Very, A, dkk, Sistem Pendeteksi Kelayakan Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Sebagai Solusi Alternatif BPOM Berbasis Mikrokontroler. Kampus ITS Sukolilo. Surabaya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 20 tahun 1990, Penggolongan Air Menurut Peruntukkannya. Jakarta.

Downloads

Published

2011-09-30

How to Cite

Yusfi, M. (2011). PEMANFAATAN SENSOR FOTOTRANSISTOR DAN LED INFRAMERAH DALAM PENDETEKSI KEKERUHAN AIR BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51. JURNAL ILMU FISIKA, 3(2), 80–85. https://doi.org/10.25077/jif.3.2.80-85.2011

Issue

Section

Riset Artikel

Citation Check