PENGARUH PENAMBAHAN GULA JAGUNG TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN BIODEGRADABILITAS PLASTIK CAMPURAN POLYPROPYLENE BEKAS DAN PATI SAGU

Sri Mulyadi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menentukan pengaruh gula jagung terhadap sifat mekanik dan biodegradabilitas plastik campuran polypropylene bekas dan pati sagu. Pada penelitian ini dibuat 5 sampel dengan variasi massa gula jagung yang berbeda. Pengukuran dilakukan terhadap kuat tekan dan kuat lentur dari setiap sampel. Penentuntuan tingkat degradabilitas ditentukan dengan mengubur sampel selama tujuh hari. Hasil menunjukkan bahwa kuat lentur dan kuat tekan plastik mengalami kenaikan dengan penambahan gula jagung. Nilai kuat tekan dan kuat lentur maksimum terdapat pada komposisi 90 gr : 10 gr : 10 gr yaitu 87,04 kg/cm2 dan 96,9 kg/cm2 . Ditinjau dari segi fisis setelah proses penguburan, plastik campuran dengan komposisi gula jagung terbanyak memiliki permukaan paling kasar dan paling banyak lobang. Hal ini dapat diartikan bahwa plastik dengan komposisi gula jagung terbanyak memiliki tingkat degradabilitas tertinggi.

Full Text:

PDF

References

Billmayer, F.W. Jr, 1971, Text Book of Polymer Science, John Wiley and Sons, New York.

Budiman N., 2003, Polimer Biodegradable, http://www.kompas.com/ 0302/28/llpeng/151875.htm-35k.

Emriadi, 2005, Material Polimer, Andalas University Press, Padang.

Fahruddin, Sonai dan Indah, 2010, Pembuatan Plastik Biodegradable Berbasis Ubi Kayu Dengan Aditif Senyawa Limonen Dari Kulit Jeruk Untuk Meningkatkan Elastisitas, Program Kreativitas Mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang, Malang.

Firdaus, F. dan Anwar, C., Juli 2004, Potensi Limbah Padat-cair Industri Tepung Tapioka sebagai Bahan Baku Film Plastik Biodegradabel, LOGIKA, Vol. 1, No. 2, Hal 38-44, Yogyakarta.

Flieger MM, Kantorova A, Prell T, 2003, Biodegradable Plastic From Renewable Sources, J Folia Microbiol 48910:22-44.

Harahap, A.P, 2009, Pelapisan Melon Menggunakan Film Edibel dari Pati Ubi Kayu dengan Penambahan Sorbitol sebagai Zat Pemlastis, skripsi Departemen Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Medan.

Pranamuda, H, 2009, Pengembangan Bahan Plastik Biodegradabel Berbahan Baku Pati Tropis, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Jakarta. Weblog Biology Resources on Shantybio.

Spink, W. P dan W.F. Waychoff 1958/1959 Plasticizers, Frados, Joel (ed.), Modern Plastic Encyclopedia Issue. Hildrent Press, Inc. New York.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.