Tingkat Energi Pada Osilator Anharmonik 1 Dimensi Menggunakan Metode Perturbasi Orde 2

  Author(s)
Nur Afifah Zen    (Program Studi Teknik Telekomunikasi, Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Jl. DI Panjaitan No.128 Purwokerto, Indonesia)
Rany Nuraini (Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung, Jl. Ganesha No.10 Bandung, Indonesia)

 ) Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Nur Afifah Zen, Rany Nuraini
  Abstract
Penentuan tingkat energi dari potensial osilator anharmonik dapat diperoleh dengan berbagai metode pendekatan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan koreksi tingkat energi osilator anharmonik 1 dimensi menggunakan metode perturbasi hingga orde 2 dimana potensial gangguan dianggap berbentuk kuartik . Metode perhitungan orde 2 dilakukan menggunakan gambaran Heseinberg dengan mendefinisikan operator kreasi dan anihilasi untuk mendapatkan koreksi energi pada tingkat tersebut. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, potensial gangguan harus memiliki nilai pada rentang agar metode yang digunakan valid. Perbandingan hasil koreksi tingkat energi perturbasi orde 2 dengan metode numerik dan WKB menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat energi semakin besar persentase error, sehingga metode perturbasi hanya sesuai jika digunakan pada tingkat energi rendah.
  Click to Read the Full Text
PDF
StatisticsArticle Metrics

This article has been read : 42 times
PDF file viewed/downloaded : 26 times