Uji Pendahuluan Rancang Bangun Resistivitymeter Berbasis Arduino Nano

  Author(s)
Fitri Puspasari    (Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia)
Imam Fahrurrozi (Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia)
Tika Erna Putri (Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia)
Estu Muhamad Dwi Admoko (Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia)

 ) Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Fitri Puspasari, Imam Fahrurrozi, Tika Erna Putri, Estu Muhamad Dwi Admoko
  Abstract
Telah dirancang sebuah prototipe instrumen resistivitymeter berteknologi digital yang memiliki akurasi yang baik. Resistivitymeter merupakan alat yang digunakan dalam eksplorasi, mitigasi bencana, dan mendeteksi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan dalam studi pendahuluan penelitian ini dengan perbandingan langsung menggunakan hambatan berupa resistor. Prinsip kerja dari alat ini adalah dengan mentransmisikan aliran arus listrik. Hasil dari injeksi arus kemudian diukur tegangannya dengan multimeter. Data berupa nilai arus dan tegangan yang nantinya dapat digunakan untuk menetukan nilai resistansi/hambatan. Dari hasil pengujian menggunakan resistor menunjukkan nilai resistansi pada ala tresistivitymeter yang dibuat menunjukkan nilai yang mendekati nilai dari pembacaan multimeter standar, dan masih dibawah batas toleransi dari resistor yang digunakan yaitu sekitar 5%.
  Click to Read the Full Text
PDF
StatisticsArticle Metrics

This article has been read : 39 times
PDF file viewed/downloaded : 33 times