Penentuan Jarak Baca Terbaik Pada Sistem Pemindai Berbasis Larik Sensor Ultrasonik

  Author(s)
Galih Setyawan    (Program Studi Metrologi dan Instrumentasi, Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia)
Trias Prima Satya (Program Studi Metrologi dan Instrumentasi, Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia)
Muhammad Rifqi Al Fauzan (Program Studi Metrologi dan Instrumentasi, Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia)
Fitri Puspasari (Program Studi Metrologi dan Instrumentasi, Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia)
Imam Fahrurrozi (Program Studi Komputer dan Informatika, Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia)
Estu Muh Dwi Admoko (Program Studi Metrologi dan Instrumentasi, Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia)

 ) Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Galih Setyawan, Trias Prima Satya, Muhammad Rifqi Al Fauzan, Fitri Puspasari, Imam Fahrurrozi, Estu Muh Dwi Admoko
  Abstract
Telah dilakukan penelitian mengenai penentuan jarak baca terbaik pada sistem pemindai berbasis larik sensor ultrasonik. Penelitian ini sebagai langkah awal pembuatan sistem pemindai kerataan permukaan suatu objek. Sensor ultrasonik dibuat larik dengan mengadaptasi kerja dari scanner komputer. Jumlah ultrasonik yang digunakan adalah sebelas buah sensor. Jumlah sensor yang cukup banyak membutuhkan jumlah port yang lebih banyak juga, sehingga dipilih Arduino Mega sebagai mikrokontrolernya. Larik sensor ultrasonik akan menghasilkan data sejumlah sebelas buah data. Data akan ditampilkan dan disimpan dalam bentuk excel melalui aplikasi Parallax Data Acquisition tool (PLX-DAQ). Variasi jarak yang digunakan adalah setiap kenaikan 5cm, dimulai dari 5cm sampai 50cm. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan melihat perbandingan prosentase error pembacaan larik sensor ultrasonik terhadap nilai standar jaraknya. Dari hasil variasi jarak yang dilakukan diketahui jarak ideal yang baik digunakan dalam sistem pemindai. Hasil menunjukkan bahwa jarak baca terbaik dalam penelitian ini adalah pada jarak 50cm. Hal ini dibuktikan dengan nilai prosentase error yang lebih kecil.
  Click to Read the Full Text
PDF
StatisticsArticle Metrics

This article has been read : 171 times
PDF file viewed/downloaded : 121 times