Rancang Bangun Sistem Keamanan Menggunakan Sensor Passive Infra Red (PIR) Dilengkapi Kontrol Pendingin Ruangan Berbasis Arduino Uno Dan Real Time Clock

  Author(s)
Titi Andriani    (Program Studi Teknik Elektro, Universitas Teknologi Sumbawa, Jl. Raya Olat Maras, Batu Alang, Sumbawa Besar – NTB.)
Muhammad Hidayatullah (Program Studi Teknik Elektro, Universitas Teknologi Sumbawa, Jl. Raya Olat Maras, Batu Alang, Sumbawa Besar – NTB.)
Muhammad Ikbal (Program Studi Teknik Elektro, Universitas Teknologi Sumbawa, Jl. Raya Olat Maras, Batu Alang, Sumbawa Besar – NTB.)

 ) Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Titi Andriani, Muhammad Hidayatullah, Muhammad Ikbal
  Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat sebuah sistem yang berfungsi menjaga fasilitas yang ada di dalam laboratorium berupa komputer dan perangkat lainnya. Kontrol sistem pendingin ruangan diperlukan untuk mengatur penggunaan energi listrik yang sesuai dengan waktu pemakaian laboratorium. Sistem ini bekerja berdasarkan pada penjadwalan dan keluaran dari sensor Passive Infra Red (PIR). Sistem penjadwalan mengatur jadwal pada sistem, mengaktifkan sistem keamanan atau sistem kontrol pendingin ruangan. Sensor PIR berguna untuk mendeteksi keberadaan orang dalam ruangan dan keluaran dari sensor PIR dijadikan sebagai masukan pada Arduino Uno. Arduino mengontrol tindakan yang akan dilakuan yaitu sistem aktif (on) atau sistem mati (off). Pada pukul 08.00 hingga pukul 17.00 sistem mengaktifkan kontrol pendingin dan pada pukul 17.00 hingga pukul 08.00 sistem mengaktifkan keamanan ruangan dengan memanfaatkan relay sebagai saklar otomatis.

 

Kata Kunci: Keamanan, Laboratorium, Sensor PIR, Arduino Uno.

  Click to Read the Full Text
PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
StatisticsArticle Metrics

This article has been read : 38 times
PDF file viewed/downloaded : 23 times