IMPLEMENTASI KARTU BER-PASSWORD BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51 UNTUK SISTEM KONTROL KEHADIRAN

Elma Yusnita, Wildian -, Harmadi -

Abstract

Telah dirancang suatu sistem kontrol kehadiran berbasis mikrokontroler AT89S51 untuk menginformasikan kehadiran dengan menggunakan kartu ber-paswword. Password dibuat dalam deretan 8 logika biner yang dipresentasikan oleh kombinasi bagian kartu yang berlubang dan tak-berlubang. Lubang-lubang digunakan untuk melewatkan cahaya dari 8 buah LED ke 8 buah fotodioda (jarak antara LED dan fotodioda adalah 0,5 cm) yang kemudian dibaca oleh mikrokontroler sebagai logika “1” (4,8 V ). Berdasarkan data 8-bit yang diterimanya, mikrokontroler kemudian memerintahkan relay untuk menyalakan ataumematikan lampu nama yang sesuai dengan password yang dimasukkan ke kotak detektor. Pada kartu terdapat dua password, yaitu password untuk masuk (hadir) dan password untuk keluar (pulang). Sistem detektor dijalankan berdasarkan program yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman BASCOM. Hasil uji keseluruhan terhadap kinerja alat memperlihatkan bahwa alat dapat membedakan password untuk masuk atau keluar, dan membedakan pemilik password untuk masuk atau keluar, dan membedakan pemilik password yang satu dengan yang lain.

Full Text:

PDF

References

Bhaskara, 2009, Rancang Bangun Sistem Pembuka Menggunakan Sensor Infrared Dan Password Berbasis Mikrokontroler. Tugas Akhir. Fakultas Teknik Telekomunikasi. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Fadli A., 2012, Pembuatan Catudaya, Makalah, Universitas Gunadarma, Jakarta.

Fraden, J, 1996, Handbook Of Modern Sensors. California : Thermoscan,Inc

Mackenzie, S.I (1995). The 8051 Microcontroller AT89S52. Gava Media,

Yogyakarta.

Riki, 2007, Sistem Kontrol Motor DC Berbasis Mikrokontroler AT89S51

Menggunakan Sensor Fotodioda dan Kartu Ber-Password, Skripsi, FMIPA,

Universitas Andalas, Padang.

Silitonga, 2010, Kunci Otomatis Sederhana Menggunakan Kartu Berlubang Berbasiskan Mikrokontroler ATMEGA8535, Skripsi, Fakultas Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma, Jakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.