Rancang Bangun Alat Ukur Pollutant Standard Index yang Terintegrasi dengan Pengukuran Faktor-Faktor Cuaca Secara Real Time

Vandri Ahmad Isnaini, Indrawata Wardhana, Rahmi Putri Wirman

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang perancangan dan pembuatan alat ukur Pollutant Standard Index (PSI) yang terintegrasi dengan pengukuran faktor – faktor cuaca secara real time. Alat ukur  menggunakan basis  mikrokontroller arduino mega ADK. Sensor gas MQ-135 dan MQ-7 digunakan untuk pengukuran indeks polusi udara  sedangkan untuk pengukuran faktor cuaca digunakan sensor DHT-11 dan DFR0026. Sistem ini juga ditambahkan GPS shield untuk penentuan lokasi pengukuran secara real time. Hasil  pengukuran disimpan ke dalam sistem database komputer yang terhubung melalui kabel USB. Penelitian  terdiri atas perancangan hardware, perancangan software, dan  tahap pengujian keseluruhan dari sistem alat ukur. Data yang dapat diukur oleh alat  adalah data tingkat polusi udara, suhu udara, kelembaban udara dan intensitas cahaya. Tahap pengukuran lapangan dilakukan di area sekitar IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan Universitas Jambi. Analisis perhitungan memperlihatkan  tingkat polusi udara sangat mempengaruhi temperatur udara suatu wilayah.  Semakin tinggi tingkat polusi udara, maka temperatur udara di wilayah tersebut akan semakin tinggi. Tingkat polusi udara tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kelembaban dan intensitas cahaya.


Full Text:

PDF

References


Anonim, (2005), Parameter Pencemar Udara Dan Dampaknya Terhadap Kesehatan, (http://www.depkes.go.id, diakses pada Mei 2015).

Anonim, (2012), Buku Informasi Perubahan Iklim dan Kualitas Udara di Indonesia, BMKG, Jakarta.

Budiarto, Widodo, (2005), Perancangan Sistem dan Aplikasi Mikrokontroler, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Kusminingrum, N., Gunawan, G., (2008), Polusi Udara Akibat Aktivitas Kendaraan Bermotor Di Jalan Perkotaan Pulau Jawa dan Bali, Pusat Litbang Jalan dan Jembatan, Bandung.

www.alldatasheet.com, diakses pada Mei 2015.

www.arduino.cc., diakses pada Mei 2015.

www.dw.com, diakses pada Oktober 2015.

www.dfrobot.com, diakses pada Mei 2015.

www.google.com/maps, diakses pada Mei 2015.

www.olimex.com, diakses pada Mei 2015.

www.sparkfun.com, diakses pada Mei 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


© Jurusan Ilmu Fisika Universitas Andalas