PENDUGAAN POTENSI AIR TANAH DENGAN METODE GEOLISTRIK TAHANAN JENIS KONFIGURASI SCHLUMBERGER (Jorong Tampus Kanagarian Ujung Gading Kecamatan Lembah Malintang Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat)

Arif Budiman

Abstract


Penelitian untuk menentukan letak dan kedalaman akuifer air tanah telah dilakukan di Jorong Tampus Kanagarian Ujung Gading Kecamatan Lembah Malintang Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode geolistrik tahanan jenis dengan konfigurasi Schlumberger dengan empat titik sounding yaitu TM_01, TM_02, TM_03 dan TM_04. Jarak antar masing-masing titik sounding adalah 400 m. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software HIRA. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa akuifer terletak pada kedalaman 96.00 – 100.00 m dengan titik pengeboran yang direkomendasikan terletak di titik sounding TM_03 pada kedalaman 100.00 m. Akuifer tersebut merupakan akuifer tertekan yang terletak pada lapisan batu pasir vulkanik.

Full Text:

PDF

References


Aryono, A.M. 2003. Metode Geofisika. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Hendrajaya. 1990. Metode Geofisika. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Silitonga dan Kastowo. 1975. Peta Geologi Lubuk Sikaping. Padang: Badan Pusat Statistik kota Padang.

Sosrodarsono. 2006. Penentuan Lapisan Batuan dengan Metoda Geolistrik. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Wurtanto. 2007. Aplikasi Metode Geolistrik Tahanan Jenis Menentukan Kedalaman Akuifer Air Tanah Menggunakan Konfigurasi Schlumberger. Universitas Semarang, Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© Jurusan Ilmu Fisika Universitas Andalas