Editorial Policies

Focus and Scope

Redaksi menerima naskah ilmiah hasil penelitian, pikiran dan pandangan, survei, atau telaah pustaka yang belum pernah dipublikasikan dalam terbitan lain. Naskah yang diterbitkan merupakan naskah yang telah dinilai oleh mitra bestari dan disetujui oleh dewan direksi.

Naskah yang dipublikasikan dalam jurnal ini berfokus pada bidang fisika dan sub bidangnya:

  1. Fisika Bumi
  2. Fisika Elektronika dan Instrumentasi
  3. Fisika Komputasi
  4. Fisika Material
  5. Fisika Nuklir dan Radiasi

 

Section Policies

Artikel

Editors
  • Dr. Elvaswer
Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Fisika

Editors
  • Dr. Elvaswer
Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Artikel yang diajukan adalah bukan merupakan plagiarisme atau tanpa manipulasi data. Makalah disampaikan dievaluasi untuk orisinalitas, kebaruan, kontribusi dan penyajian-nya. Proses review akan berlangsung dalam rentang waktu 4-5 minggu per-reviewer. Editor akan memberitahu Anda tentang hasil review secepatnya.

 

Publication Frequency

JIF terbit dua kali setahun yaitu setiap bulan Maret dan September.

 

Open Access Policy

Jurnal Ilmu Fisika Universitas Andalas menyediakan akses langsung ke kontennya secara terbuka dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara terbuka untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar. Penggunaan dan distribusi non-komersial dalam media apapun diizinkan, asalkan penulis dan jurnalnya benar dikreditkan.

Jurnal Ilmu Fisika Universitas Andalas juga beroperasi di bawah Creative Commons License CC-BY-NC. Hal ini memungkinkan untuk reproduksi artikel, gratis, untuk penggunaan non-komersial saja dan dengan informasi kutipan yang sesuai. Semua penulis yang menerbitkan Jurnal Ilmu Fisika Universitas Andalas menerima ini sebagai persyaratan publikasi.

Manfaat akses terbuka bagi penulis, meliputi:

  • Akses gratis untuk semua pengguna di seluruh dunia
  • Penulis mempertahankan hak cipta atas pekerjaan mereka
  • Meningkatkan visibilitas dan pembaca
  • Publikasi cepat
  • Tidak ada kendala spasial

 

Archiving

Jurnal Ilmu Fisika (JIF) Universitas Andalas ini juga tersimpan di repository Indonesia One Search (IOS)  dan dapat digunakan sebagai distribusi arsip bagi pengguna dan mengizinkan setiap pustaka yang ingin membuat arsip cadangan untuk kepentingan pendidikan. Jurnal Ilmu Fisika juga telah menggunakan PKP Private LOCKSS Network (PLN) sebagai penyimpanan digital.

 

Publication Ethic

Jurnal Ilmu Fisika (JIF) Universitas Andalas adalah jurnal dengan skema peer-review.  Pernyataan ini melingkupi semua aturan dan kebijakan yang berlaku dalam penerbitan artikel di jurnal kami, temasuk penulis, penyunting, reviewer dan penerbit. Aturan ini bersumber dari  COPE’s Best Practice Guidelines for Journal Editors.

Panduan Etika Pulikasi Jurnal/Ethical Guideline for Journal Publication

 

Publikasi dari setiap proses peer-review artikel dari JIF adalah merupakan upaya untuk pengembangan jaringan ilmu pengetahuan yang serumpun.  Ini secara langsung terlihat dari kualitas aritkel dan berbagai institusi yang terlibat. Semua proses peer-review artikel mengikuti kaidah metode ilmiah.  Oleh karena itu, sangat penting untuk menyepakati sebuah standar pedoman etis bagi semua unsur yang terlibat dalam penerbitan yang tediri dari penulis, editor jurnal, peer reviewer, penerbit dan masyarakat.

 

Publisher and Editor

  1. Jurusan Fisika, Universitas Andalas sebagai penerbit Jurnal Ilmu Fisika (JIF) berfungsi  sebagai pengawas  atas semua tahapan penerbitan secara ketat dan kami telah memahami  setiap fungsi, etika dan lainnya yang telah menjadi tanggung jawab kami. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang atau pendapatan komersial lainnya tidak berdampak atau mempengaruhi keputusan editorial. Selain itu, Universitas Andalas dan Dewan Redaksi akan membantu dalam komunikasi dengan jurnal lain dan/atau penerbit apabila diperlukan.
  2. Publication decisions : Editor Jurnal JIF bertanggung jawab untuk memutuskan setiap artikel yang telah diajukan ke jurnal yang layak dan memenuhi kriteria untuk diterbitkan. Validasi kegiatan penelitian dan kontribusinya terhadap  peneliti dan pembaca harus selalu menghasilkan sebuah keputusan. Para editor dipandu oleh kebijakan dari dewan redaksi jurnal dan dibatasi oleh ketentuan hukum seperti itu mulai berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Para editor dapat berdiskusi dengan editor lain atau reviewer dalam membuat keputusan ini.
  3. Fair play : Editor mengevaluasi setiap naskah untuk konten intelektual mereka tanpa memandang ras, jenis kelamin, keyakinan agama, etnis, kewarganegaraan, atau pandangan politik dari setiap penulis.
  4. Confidentiality : Editor dan setiap staf editorial  tidak  menyampaikan informasi apapun terkait naskah diserahkan kepada orang lain selain penulis, reviewer, penasihat editorial lainnya yang sesuai, dan penerbit, yang sesuai.
  5. Disclosure and conflicts of interest : Materi setiap artikel  yang belum dipublikasikan dalam sebuah naskah yang diajukan tidak boleh digunakan bagi penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

 

 Reviewers/ Mitra bestari

  1. Contribution to Editorial Decisions : Peer review memberi rekomendasi dan membantu editor dalam  menghasilkan keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan kualitas naskah.
  2. Promptness : Setiap reviewer yang ditunjuk yang merasa tidak memenuhi kriteria untuk mereview penelitian  atau merasa tidak mungkin untuk menyelesaikan proses review pada waktu yang ditentukan harus memberitahu editor dan mengajukan pengunduruan diri dari proses peninjauan.
  3. Confidentiality : Setiap naskah yang direview adalahi rahasia.  Mereka harus tidak untuk menyajikan atau mendiskusikan dengan orang lain kecuali telah diizinkan oleh editor.
  4. Standards of Objectivity : Ulasan harus dilakukan secara objektif. Kritikan yang bersifat pribadi bagi penulis adalah tidak pantas. Reviewer harus mengekspresikan pendapat dengan jelas beserta argumen yang mendukung.
  5. Acknowledgement of Sources : Reviewer harus mengidentifikasi karya yang relevan yang telah diterbitkan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa pengamatan, penjabaran, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Reviewer juga harus memperingatkan editor jika ada kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang direview dengan setiap makalah yang lain yang telaha diterbitkan sesuai  dengan pengetahuan reviewer .
  6. Disclosure and Conflict of Interest : Setiap informasi penting atau ide diperoleh melalui proses peer-review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer seharusnya tidak mempertimbangkan setiap naskah yang memiliki konflik kepentingan akibat kompetitif, kolaboratif, atau hubungan lainnya atau koneksi dengan salah satu penulis, perusahaan, atau lembaga yang berkaitan dengan naskah.

 

 Authors/ Penulis

  1. Reporting standards : Penulis naskah harus menyajikan laporan yang akurat dari pekerjaan yang dilakukan serta tujuan pembahasan dan maknanya. Data acuan yang digunakan harus disajikan secara akurat di dalam naskah. Setiap naskah harus menyajikan detail dan referensi yang benar untuk mengizinkan orang lain untuk meniru pekerjaan. Penipuan atau sengaja memberikan pernyataan yang tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
  2. Data Access and Retention: Penulis diminta untuk memberikan data mentah yang berkaitan dengan naskah untuk proses editorial, dan harus bersedia menyediakan akses publik terhadap data tersebut (sesuai ALPSP-STM Pernyataan Data dan Database), jika dimungkinkan, dan dalam hal apapun telah menyimpan data tersebut untuk jangka waktu tertentu setelah publikasi.
  3. Originality and Plagiarism: Setiap penulis harus memastikan bahwa karya dan naskah adalah sepenuhnya adalah  original, dan jika penulis telah menggunakan pekerjaan dan/atau kata-kata dari orang lain bahwa ini telah dinyatakan secara benar atau dikutip.
  4. Multiple, Redundant or Concurrent Publication: Seorang penulis harus tidak mempublikasikan naskah yang sama  dari  penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal. Pengiriman naskah yang sama untuk lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan tidak etis dan tidak dapat diterima.
  5. Acknowledgement of Sources : Pengakuan atas karya orang lain harus selalu dinyatak. Penulis harus mengutip publikasi yang telah memberi berpengaruh dalam  penelitian yang dilaporkan.
  6. Authorship of the Paper : Authorship harus dibatasi kepada mereka yang telah membuat kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua orang yang telah membuat kontribusi yang signifikan harus terdaftar sebagai co-author. Setiap orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek-aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis harus memastikan bahwa semua co-author telah  sesuai dan tidak terdapat co-penulis yang tidak pantas yang tercantum dalam, dan bahwa semua co-penulis telah melihat dan menyetujui versi final dari naskah dan telah menyetujui untuk diajukan sebagai publikasi.
  7. Hazards and Human or Animal Subjects : Jika penelitian melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang memiliki bahaya yang tidak biasa elekat dalam penggunaannya, penulis jelas harus menyatakan dengan jelas ini dalam naskah.
  8. Disclosure and Conflicts of Interest : Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka setiap konflik kepentingan substantif  atau keuangan yang mungkin ditafsirkan akan mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek tersebut harus dinyatakan.
  9. Fundamental errors in published works : Ketika penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam karya yang diterbitkan sendiri, itu adalah kewajiban penulis untuk segera memberitahukan editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah.
  10. Plagiarism Policy : Penulis harus memastikan bahwa tulisa yang dikirimkan merupakan tulisan asli dan bebas dari plagiarism, jika penulis menggunakan karya atau kata orang lain, maka harus di kutip sesuai dengan standar yang berlaku.

 

Biaya

Biaya-biaya yang dikenakan kepada penulis oleh Jurnal Ilmu Fisika (JIF) Universitas Andalas :

  1. Pengiriman naskah artikel : Rp. 0,- (tidak ada biaya)
  2. Pemeriksaan naskah oleh mitra bebestari : Rp. 0,- (tidak ada biaya)
  3. Penerbitan daring : Rp. 0,- (tidak ada biaya)
  4. Panjang naskah (termasuk gambar, tabel dan daftar pustaka) tidak lebih dari 15 halaman.
  5. Penerbitan jurnal dalam format cetak akan memerlukan penggantian biaya cetak dan jilid sebesar Rp. 350.000,- per eksemplar untuk non-anggota (penulis bukan mahasiswa dan staf Jurusan Fisika), dan Rp. 250.000,- per eksemplar untuk anggota. Cetakan berwarna dikenakan biaya tambahan.
  6. Dengan kondisi tersebut, maka JIF juga memberikan bantuan kepada penulis dari negara berkembang karena tidak memerlukan biaya apapun untuk proses penerbitan jurnal daring.